Jumat, 29 Juni 2007

Salah satu tayangan lebaran di tipi

Caption: Antv masih mengabdalkan kuis Super Deal 2 Milyar. Nah, karena itu teve selalu menyiapkan acara istimewa di hari Lebaran. Masih ingatkah Anda apa acara spesial yang selalu dinanti saat Lebaran tiba?
stasiun teve selalu menganggap hari Lebaran sebagai momen istimewa. Ya, di hari raya Idul Fitri itu jadi momen berkumpul bagi setiap muslim. Keluarga yang terpisah sekian waktu berkumpul di hari Lebaran. Nenekbertemu dengan cucunya yang tinggal di kota. Anak menyempatkan diri pulang kampung bertemu orang tua, setelah setahun mencari nafkah di kota. Saudara yang lebih muda mengunjungi yang lebih tua.
Dan, ketika ada sekumpulan orang berkumpul, pesawat teve biasanya jadi teman setia. Ya,tidakkah lebih nikmat bersenda gurau sambil menonton teve?
Nah, karena itu teve selalu menyiapkan acara istimewa di hari Lebaran. Masih ingatkah Anda apa acara spesial yang selalu dinanti saat Lebaran tiba? Dulu, saat TVRI jadi satu-satunya stasiun teve yang mengudara di negeri ini, Operet Papiko gubahan Titiek Puspa jadi favorit. TVRI sudah lama tak lagi sendiri. Stasiun teve swasta berlomba memberi yang terbaik pada pemirsa. Serangkaian mata acara sudah disiapkan. Semuanya dengan tujuan untuk membuat hari istimewa Anda bersama orang tercintaterasa lebih menyenangkan.

Trans TV
Menyambut Lebaran, Trans TV mengandalkan program in-house production (produksi tersendiri) yang akan menambah kemeriahan suasana. Dimulai di malam takbiran hingga hari Idul Fitri. Pada malam takbiran, 23 Oktober nanti, Extravaganza hadir khusus dengan tema TakbirExtravaganza yang tentu saja temanya seputar Lebaran. Selepas itu, jam 9malam, sebuah music show bertajuk Konser Takbiran akan digelar dengan menghadirkan para musisi, seperti Dewi Perssik, Radja, Opick, Kris Dayanti dan Anang, dan Ari Lasso. Acara itu dipandu Irfan Hakim dan Asty Ananta. Isinya, tak cuma lagu religius, tapi juga lagu-lagu cinta.
Hari berikutnya, hari pertama Idul Fitri, 24 Oktober, Trans TV menayangkan program reguler yang hadir khusus dengantema Lebaran seperti Ngelenong Nyok (08.00 WIB), dilanjutkan Dorce Show (09.30 WIB), Ceriwis (12.30 WIB), serta Komedi Betawi (17.00 WIB). Pada malam harinya, jam 19.00 WIB Trans TV menayangkan FTV Spesial Lebaran dengan judul Hikayah Idul Fitri: Primadonadari Surga. Ini jelas tontonan istimewa bila menilik siapa saja bintangnya. Ada Mulan Kwok, Aming, Indra Birowo, Darius, Sinatrya, Belinda, Agastya Kandou,Yurike Prastica, serta Dewi Astri. Selain program-program tersebut,Trans TV juga akan menayangkan 2 program musik eksklusif yang khusus dikemas dalam rangka Lebaran, yakni Peter Pan (18.00 WIB) dan Konser Idul Fitri Siti Nurhaliza (23.00 WIB). Terakhir, program talk show Lepas Malam edisi 25 Oktober akan hadir dengan temaspesial Lebaran pada jam 23.00 WIB.

TPI
TPI menandai acara spesial Lebaran dengan acara puncak Grand Final Kubah Da'i dan Da'iah pada 21 Oktober, jam 20.30 WIB. Acara itu disiarkan langsung dari Teater Tanah Airku, TMII. Pada malam final itu, 3 pasang da'i dan da'iah terbaik akan terpilih untuk berkesempatan memenangi hadiah ibadah haji dan uang puluhan juta rupiah.
Program lainnya berupapagelaran musik bertajuk Syiar dan Nada Takbir pada 22 Oktober, pukul 20.00 WIB. Acara musik ini dimeriahkan kontestan KDI-1 dan KDI-2 seerta pedangdut senior seperti Rita Sugiarto, Mansyur S, Imam S. Arifin, dan Hamdan ATT. Acara ini dijamin makin tambah meriah lantaran bakal diisi kontestan API, finalis Da'i, 20 pemain marawis, serta pentas 200 bedug. Sehari menjelang Lebaran, 23 Oktober, pukul 09.00 WIB, hadir FTV Layar Spesial berjudul Dangdut Happy yang menampilkan akting para bintang KDI. Layar Siang Bunga Asmara yang dibintangi Nadia Vega dapat disaksikan di hari yang sama pada pukul 13.30 WIB. Sebagai teman di malam takbiran, ada Rahasia Ilahi Spesial Takbiran pada pukul 21.00 WIB.
Pada hari pertama Lebaran, TPI menampilkan acara spesial antara lain, tayangan Cinta SMS: Sepiring Berdua (13.30 WIB), Sinema Asyik: Bunga Kasih Sayang (19.00 WIB), dan komedi musikal Keluarga Chating dan TeamLo, Konser Mega Bintang (21.30 WIB). Acara ini parodi dari program Musik Asyik ini akan dimeriahkan Ulfa Dwi Yanthi dan Tukul. Sehari berikutnya, ada Sinema Layar Siang: Pacar Dunia Akhirat (09.00 WIB), Layar Siang TPI diisi Senandung Rindu. Di malam hari, adaduet apik juara KDI-2 Gita dan juara Indonesian Idol 2 Ihsan dalam musik spesial Senandung Menuju Kemenangan. Acara Lebaran TPI ditutup pada 28 Oktober dengan siaran langsung acara musik dari Ancol, mulai 20.00 WIB.

TV7
Tahun ini jadi Lebaran pertama TV7 setelah sebagian sahamnyadibeli Trans TV. Sebagai dampaknya, TV7 me-relay acara Konser Takbiran yang tayang di Trans TV. Kendati begitu, bukan berarti TV7 tak membuat acara spesial sendiri. Di TV7 ada 4 Mata Spesial yang akan menampilkan bintang tamu istimewa dan mengangkat tema seputar mudik, Lebaran, dan permasalahan di sekitarnya. Tukul Arwana akan memandu dengan gaya khasnya. Acara 4 Mata Spesial Takbiran dan Idul Fitri akan tayang 23 dan 25 Oktober. Lalu masih ada program Canda Tanya Spesial Idul Fitri (24 Oktober, 21.00 WIB) yang menampilkan Nunung dan Timbul sebagai bintang tamu. Sesuai namanya, program ini akan penuh canda lantaran diisi Taufik Savalas, Rieke Dyah Pitaloka, Jojon, serta Olga.
Masih dalam suasana Lebaran, TV7 merilis satu mata acara baru, Keluarga Didi. Itu program berita yang disajikan dalam bentuk talk show bergenre komedi dengan format serius tapi santai. Didi Petet jadi Ayah yang juga mantan politikus, Uly Artha jadi Ibu, Artika Sari Devi sebagai anaknya yang seorang mahasiswi vokal nan idealis. Keluarga Didi hadir saban pukul 22.00 WIB mulai 26 Oktober.

Metro TV
Metro TV juga tak mau ketinggalan menampilkan acara spesial Lebaran. Sholat Ied di Istiqlal jadi momen live event di Metro TV. Jadi, selain meliput suasana sholat Idul Fitri di Istiqlal, tim Metro TV juga merekam suasana Idul Fitri di Makassar, Surabaya, Medan, dan beberapa daerah lainnya. Pada live event kali ini Metro TV juga akan mempertemukan orang-orang yang terpisah dengan keluarganya di Malaysia dan Amerika Serikat.
Lalu, ada pula pentas musik Jazz bernuansa religius. Ya, lagu-lagu islami ternyata akan terdengar enak di telinga saat diaransemen dengan musik jazz. Dalam rangka Lebaran, Ireng Maulana JakJazz All Star bersama Idang Rasyidi dan Dullah Sualeh, melantunkan lagu islami dengan nuansa jazz yang kental. Acara ini akan menampilkan Tompi, Andien, serta koor Gita Suara Masa. Nama acaranya, Jazz Senandung Fitrah (24 Oktober, 20.05 WIB) dengan host Helmy Yahya.
Di hari berikutnya, ada Architecture for Allah (25 Oktober, 08.30 WIB), dokementer yang berisi tentang bangunan-bangunan berarsitektur Islam seperti masjid indah karya arsitek Jerman Bodo Rasch. Lantas, ada pula tayangan dokumenter World Religions: Islam (25 Oktober, 09.05 WIB) teolog Swiss, Hans Kung yang melakukan pencarian makna agama di seluruh dunia. Ia mengunjungi tempat-tempat suci di Mekkah, hingga Palestina. Kemudian, ada pula tayangan talk show Oprah Winfrey yang menampilkan Jon Bon Jovi sebagai bintang tamu. Yang istimewa lainnya, Bimbo menandai 40 tahun kiprahnya di dunia musik dengan menggelar konser bertajuk Sajadah Pajang Bimbo pada 25 Oktober, pukul 20.05 WIB.

Indosiar
Indosiar menyajikan program spesial Lebaran mulai 24-27 Oktober, sepertitayangan sinema spesial Lebaran, komedi spesial Lebaran, musik, tausiah, info mudik, dan lainnya. Program tausiah akan menghiasi Lebaran dimulai dengan Hikmah Idul Fitri 1 Syawal 1427 H siaran langsung sholat Ied. Selanjutnyaada tayangan komedi spesialdari Srimulat dengan tajuk Ketupat Srimulat pada 24 Oktober, pukul 22.00 WIB. Tayangan komedi ini berdurasi 2 jam penuh. Berkisah tentang seorang pemuda kampung (Tukul) yang jatuh cinta dengan anak seorang Arab miskin. Lakon ini turut dimeriahkan bintang Srimulat lainnya, seperti Rohana, Nunung, Basuki, Tessy, Gogon, dan lainnya.
Lalu ada pula Info Mudik Lebaran yang hadir 4 kali sehari selama H-7hingga H+7 . Info ini akan bermanfaat bagi Anda yang mudiksaat Lebaran. Info Mudik hadir berbarengan dengan Fokus Pagi (05.30 WIB), Fokus Siang (11.30 WIB), serta breaking news pada pukul 15.00 WIB dan 22.00 WIB. Isinya berupa liputan arus mudik dan arus balik dari titik-titik kemacetan di Jakarta, Bandung, Cikampek, Yogyakarta, dan kota-kota lainnya.

antv
Antv rupanya masih mengandalkan acara kuis berhadiah miliaran rupiah sebagai tayangan spesial Lebaran. Pihak antv beralasan, paket acara kuis yang tayang sepanjang Ramadhan sekarang jadi tontonan alternatif yang mencuri perhatian. “Rating kuis Super Deal 2 Milyar bagus, seuai target,” ujar Mila Lubis, publicuty manager antv. “Angkanya sekitar 3,3.” Angka itu dinilai tinggi. Karenanya, saat malam takbiran dan Lebaran, antv kembali menayangkan kuis Super Deal edisi spesial. Pada 23 Oktober, hadir kuis Super Deal 2 Milyar Malam Takbiran mulai jam 19.00 WIB. Lalu, masih di malam takbiran, ada konser musik Lebaran dengan Cinta menampilkan Sheila o­n 7, Melly Goeslaw, Ungu, Pas Band, Project Pop, dan Letto.
Di hari Lebaran,antv punya tayangan komedi SBY. Tapi ini bukan padanan Sambil Buka Yuk yang tayang sepanjang Ramadhan, melainkan Saling Bermaafan Yuk (pukul 17.00 WIB). Acara ini masih dibintangi pengisi tetap SBY seperti Eko Patrio, Jojon, Parto, dan lainnya. Di hari itu hadir kembali kuis Super Deal 2 Milyar Lebaran. Selepasnya, ada tayangan I-Sinema spesial Lebaran berjudul Bandi Mudik Tahun Ini, kisahnya seputar perjuangan seorang pria mencari uang untuk bisa mudik. Dijamin kisahnya bakal menambah haru suasana Lebaran. Yang lain, pada 25 Oktober, antv masih menyisakan acara spesial Lebaran dalam tayangan Selebriti Jam. Pelajari Lebih Lanjut. Klik aja http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/2006/102006/22/0403.htm
SEBULAN penuh selama Ramadhan ini, seperti biasanya pemirsa televisi disuguhkan dengan program-program yang berhamburan selebritas. Apakah pesan atau makna Ramadhan sampai ke pemirsa melalui program yang berupa sinetron, lawakan, kuis, dan lainnya, mungkin menjadi satu pertanyaan besar.
Apa pun jawabannya--yang tentunya bisa beragam--pemirsa televisi akan kembali melihat aksi bintang favoritnya melalui berbagai program saat Idulfitri dirayakan. Pada program inilah pemirsa disuguhkan berbagai acara selama sehari penuh, dari mulai FTV, sinetron, lawakan, konser musik, ataupun digabung semuanya dalam konsep variety show.
TRANS TV
Senin, 23 Oktober 2006, pukul 21.00 WIB. Konser Takbiran (Dewi Persik, Opiek, Radja, Krisdayanti & Anang, Irfan Hakim, dan Asty Ananta).
Selasa, 24 Oktober 2006, pukul 19.00 WIB. FTV "Hikayah Idul Fitri: "Primadona Mencari Surga" (Mulan Kwok, Indra Birowo, Darius, Agastya Kandou, Belinda, Ortis, dll).
RCTI
Senin, 23 Oktober 2006, pukul 22.00 WIB. "Star Kembang Takbiran" (Eko dan Parto Patrio, Inul, Ulfa Dwiyanti, Tukul, Marshanda, Krisna Mukti, dll). Selasa, 24 Oktober 2006, pukul 22.000 WIB. Operet "Baju Koko Juki" (Surya Saputra, Krisdayanti, Didi Petet, Sarah Azhari, Dhini Aminarti, Teuku Zaki, dll).
TV7
Senin, 23 Oktober 2006, pukul 22.30 WIB. 4 Mata Spesial Takbiran.Selasa, 24 Oktober 2006, pukul 21.00 WIB. Canda Tanya Spesial Idulfitri (Timbul, Nunung, Taufik Savalas, Rieke Diah Pitaloka, Jojon, Olga, dll).
SCTV
Senin, 23 Oktober 2006, pukul 21.00 WIB. Gema Takbir.Selasa, 24 Oktober 2006, pukul 7.30 WIB. Spesial "Sana Sini Lebaran".
INDOSIAR
Senin, 23 Oktober 2006, pukul 10.30 WIB. Program Spesial Lebaran.Selasa, 24 Oktober 2006, pukul 20.00 WIB. Film Indonesia spesial Lebaran "Cinta Suci". (Tina/"PR")****ade/bis/ind

film-film nasional di hari istimewa
lebaran selalu jadi momen istimewa untuk menonton film. Ada anggapan saat Lebaran, orang mencari hiburan hingga ke bioskop. Makanya, bagi pembuat film, Lebaran jadi momen untuk meraih penonton sebanyak mungkin. Dulu, grup komedi Warkop DKI rutin merilis film saat Lebaran. Kini, Warkop tinggal tersisa Indro seorang dan tak aktif main film lagi.
Di bioskop, rasanya tak banyak film Indonesia yang beredar bareng dengan libur Lebaran (hanya film anak-anak Denias, Senandung di Atas Awan dan film horor Kuntilanak). Maka, pesawat teve bisa jadi tempat belabuh berikutnya untuk menonton film.
Asal tahu, stasiun teve bisa jadi tempat berlabuh yang tepat bagi Anda pencinta film. Bayangkan, tanpa perlu repot merogoh kocek dan pergi ke bioskop, Anda dapat menonton film-film istimewa. Ya, bagiAnda yang dulu tak sempat menontonnya di bioskop, stasiun teve berbaik hati memutarnya khusus untuk Anda.
Terus terang, penonton film nasional di sini tergolong beruntung. Sebuah film nasional bisa ditonton gratis di stasiun teve tanpa perlu menunggu dalam hitungan tahun. Lebaran tahun ini, jadiistimewa karena kita bisa menonton film-film baru seperti Jomblo dan Rumah Pondok Indah. Kedua film itu diputar belum lama berselang -- sekitar awal tahun ini. Selain itu masih adajuga Banyu Biru yang baru pertama diputar di teve.
Jomblo dan Rumah Pondok Indah tergolong tontonan populer tahun ini. Jomblo, misalnya, tak kurang ditonton 400 ribu penonton sampai April kemarin. Sementara itu, selepas diputar sebulan di bioskop Rumah Pondok Indah ditonton lebih dari 600 ribu orang.
Rumah Pondok Indah berkisah seputar mitos rumah angker di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan. Alkisah, sebuah keluarga tewas mengenaskan setelah menempati sebuah rumah mewah di Pondok Indah. Untuk beberapa rumah itu dibiarkan kosong, tak terurus. Hingga, datang lagi sebuah keluarga menempati rumah kosong itu. Mereka, Firdha (Chintami Atmanegara), bersama dua anaknya, Elsie (Asha Shara) dan Ian (Ricky Harun). Tak tahunya, rumah itu berhantu. Elsie sampai kerasukan. Rupanya, rumah itu menyimpan misteri pembunuhan yang terkait dengan keberadaan sebuah patung wanita di situ.
Bagi yang sekadar ingin ditakut-takuti, Rumah Pondok Indah bisa jadi tontonan yang tepat. Rencananya, TPI akan menayangkannya 26 Oktober nanti, tepat pukul 19.00 WIB. Sedangkan Jomblo bakal diputar RCTI pada 27 Oktober, pukul 20.00 WIB (baca ulasannya di rubrik Film Cerita Lepas). RCTI juga bakal menayangkan kembali (ya, artinya ini siaran re-run) film Issue (Tamara Bleszynski jadi wartawan teve), Ungu Violet (Dian Sastrowardoyo jadi model yang dicintai Rizky Hanggono), dan Vina Bilang Cinta (Delon main film bareng Rachel Maryam). Sementara itu, Banyu Biru akan diputar Trans TV pada 23 Oktober, pukul 22.30 WIB.
Dengan stasiun teve berbaik hati seperti itu, masihkah Anda ingin ke bioskop menonton film baru atau bersabar saja menanti sambil bergumam, “Ah, sebentar lagi ada di teve.”

Tidak ada komentar: